USB Tidak terdeteksi dan Cara Mengatasinya

USB-Tak-terdeteksi-dan-Cara-Mengatasinya
usb android
Usb tidak terdeteksi adalah hal yang mungkin sering kita alami dalam menggunakan komputer untuk mengambil data menggunakan flashdisk atau kartu memory. Sebenarnya banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan hal tersebut terjadi pada kita ketika kita hendak mengambil data menggunakan usb storage. Misalnya saja seperti kerusakan pada device kita seperti flashdisk juga mampu memunculkan masalah pada pendeteksian usb pada komputer. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pengecekan lebih lanjut jika terjadi masalah pada pendeteksian USB device pada komputer kita.

Hal pertama yang perlu kita pastikan adalah kondisi dari flasdisk atau device yang tidak terdeteksi dalam komputer kita tadi. Kita bisa mencoba memasukkan device kita tadi pada komputer lain dan kita lihat apakah terjadi masalah yang sama. Jika memang device kita terdeteksi pada komputer tersebut, maka komputer yang tidak dapat mendeteksi device kita tadi memiliki masalah dan perlu segera ditelusuri. Masalah usb tidak terdeteksi tidak hanya selalu terjadi karena kerusakan pada hardware kita, namun hal tersebut juga bisa disebabkan oleh hadirnya virus pada sistem pengoperasaian komputer kita. virus tersebut dapat membuat semua device yang terkoneksi dengan komputer kita menggunakan usb tidak dapat dideteksi.

Namun tidak hanya selalu virus yang dapat membuat masalah seperti usb tidak terdeteksi muncul pada komputer kita. ada kemungkinan juga hardware usb kita telah mengalami kerusakan. Permasalahan ini juga bisa terjadi karena rusaknya salah satu chip yang berada pada motherboard komputer kita yang dapat membuat semua aliran data dari port usb tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan pada sistem operasi yang komputer kita gunakan bisa juga menjadi penyebab dari munculnya permasalahan pada port usb kita. jika memang permasalahan ini sudah sangat sering terjadi, tentunya hal ini akan membuat kinerja kita terhambat karena kita akan sangat kesulitan dalam memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain. Apalagi jika komputer tersebut tidak tersambung dengan kabel LAN satu sama lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ada beberapa metode mudah yang bisa kita gunakan sebagai pengganti sementara proses pengambilan data sebelum kita dapat memperbaiki komputer kita yang bermasalah.

Beberapa Metode Sederhana Mengatasi USB Tidak Terdeteksi

Bagi kita yang sedang mengalami masalah usb tidak terdeteksi yang menghambat kita dalam mengambil data yang sangat kita butuhkan di dalam hard disk komputer kita, kita dapat menggunakan Bluetooth sebagai pengganti port usb dalam mengambil data kita. yang perlu kita persiapkan hanyalah sebuah device Bluetooth internal maupun external. Bluetooth usb biasanya masih mampu kita gunakan meskipun terjadi masalah pada pendeteksian port usb kita. namun demikian, solusi ini hanya cocok jika kita gunakan untuk mengambil data yang berukuran kecil. Untuk mengambil data yang berukuran besar dirakan solusi ini kurang begitu cocok karena akan memakan begitu banyak waktu dan tentunya akan lebih beresiko data kita mengalami kerusakan.

Cara kedua yang dirasakan adalah cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan kabel data khusus sekaligus kabel power beserta adaptornya yang dapat kita jumpai dengan mudah di beberapa toko komputer. Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah melepas hard disk yang ada di dalam komputer kita. nantinya kita akan membuat hard disk kita menjadi hard disk external untuk sementara dalam proses pengambilan data kita. Hal berikutnya yang perlu kita persiapkan adalah sebuah komputer atau laptop yang tidak memiliki masalah pada port usbnya. Yang perlu kita lakukan hanya menggunakan adapator untuk memberikan arus listrik kepada hard disk kita dan menggunakan kabel data untuk menghubungkan komputer atau laptop kita dengan hard disk kita yang berisi data yang ingin kita ambil. Dengan menggunakan cara ini, kita dapat mengambil data penting yang sangat kita butuhkan dengan cara yang sangat mudah meskipun komputer kita mengalami permasalahan usb tidak terdeteksi.

prokonseling

We love to share useful knowledge so that it can be used by all people around the world. I myself am a Human Resources consultant and content creator

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form