Rosh Hashanah 2023

Rosh Hashanah 2023


Tahun 2023 ini, Rosh Hashanah dimulai saat matahari terbenam pada hari Jumat, 15 September, dan berakhir saat matahari terbenam pada hari Minggu, 17 September. Yom Kippur akan dimulai minggu depan pada Minggu malam, 24 September, dan berakhir pada malam Senin. , 25 September 2023

Rosh Hashanah adalah hari raya penting dalam agama Yahudi yang juga dikenal sebagai Tahun Baru Yahudi. Artikel ini akan memberikan gambaran umum tentang Rosh Hashanah, termasuk makna, tradisi, dan pentingnya dalam kalender Yahudi.


Makna Rosh Hashanah

Rosh Hashanah, yang dalam bahasa Ibrani berarti "Kepala Tahun," adalah perayaan yang menandai awal tahun dalam kalender Yahudi. Tanggal Rosh Hashanah jatuh pada hari pertama bulan Tishrei, yang biasanya berkisar antara September dan Oktober dalam kalender Gregorian. Ini adalah saat untuk merayakan penciptaan dunia dan juga menjadi waktu untuk introspeksi, pertobatan, dan merenungkan tindakan kita selama tahun sebelumnya.


Tradisi dan Upacara Rosh Hashanah

Ibadah di Sinagoge: Pada Rosh Hashanah, umat Yahudi berkumpul di sinagoge untuk mendoakan Tuhan dan merayakan perayaan ini bersama. Doa khusus yang dikenal sebagai "Amidah" dibaca, dan terompet shofar ditiup.


Terompet Shofar: Terompet shofar adalah instrumen musik khusus yang terbuat dari tanduk hewan. Pada Rosh Hashanah, terompet shofar ditiup dalam berbagai nada yang berbeda sebagai panggilan kepada umat Yahudi untuk merenungkan tindakan mereka dan bertobat.


Makanan Khas: Ada berbagai hidangan khas yang disantap selama Rosh Hashanah, termasuk apel yang dicelupkan dalam madu (simbol kehidupan manis), roti bulat yang disebut "challah," dan buah-buahan manis lainnya. Konsumsi makanan manis adalah cara untuk mengingatkan diri sendiri tentang harapan untuk tahun yang manis.


Tashlich: Beberapa komunitas Yahudi melakukan tradisi Tashlich, di mana mereka pergi ke tepi sungai atau danau untuk melemparkan roti ke dalam air. Ini adalah simbol untuk menghilangkan dosa dan kesalahan dari tahun sebelumnya.


Pentingnya Rosh Hashanah

Rosh Hashanah adalah waktu yang sangat penting dalam kalender Yahudi karena itu adalah awal tahun yang diperingati dengan doa, introspeksi, dan refleksi atas tindakan masa lalu. Selama perayaan ini, umat Yahudi berdoa untuk kesehatan, kebahagiaan, dan kesuksesan dalam tahun yang akan datang. Ini juga merupakan waktu untuk mempertimbangkan perbaikan diri dan meminta pengampunan atas dosa-dosa masa lalu. Selama sepuluh hari yang mengikuti Rosh Hashanah, umat Yahudi merayakan Hari Penebusan (Yom Kippur), yang merupakan puncak dari periode introspeksi ini.


Secara keseluruhan, Rosh Hashanah adalah momen penting bagi umat Yahudi untuk bersatu dalam doa dan refleksi, serta untuk memulai tahun baru dengan semangat kebaikan dan perbaikan diri.


prokonseling

We love to share useful knowledge so that it can be used by all people around the world. I myself am a Human Resources consultant and content creator

Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form